News Detail

Toni Syarifudin Siap Rampas Emas di SEA Games Filipina 2019

Akhir tahun ini, atlet BMX Indonesia Toni Syarifudin akan kembali berlaga di SEA Games. Toni akan bertanding di cabang BMX Time Trial pada tanggal 9/12 nanti. Dituanrumahi Filipina, race kali ini akan bertempat di BMX Track Tagaytay City Centrum.

Beberapa pekan menjelang race, atlet kelahiran Solo 1991 ini mengaku telah sangat siap untuk bertanding dalam kompetisi dua tahunan ini.

“Kesiapan saya untuk SEA Games sangat baik. Dari segi fisik, sepeda, teknik, saya sangat siap.” ungkap Toni (26/11).

“Untuk menghadapi SEA Games ini, aku lebih fokus di teknik start dan skill di track BMX. Karena track di Filipina bisa dibilang tidak gampang. Jadi, fokus saya (adalah) bisa riding laju dan senyaman mungkin di track.” tambahnya.

Tak ada misi lain bagi Toni di Filipina selain mengharumkan nama Indonesia. Setelah peraknya delapan tahun silam di Jakarta (SEA Games 2011) Toni tak membiarkan waktu berlalu begitu percuma. Di SEA Games kali ini, Toni sangat yakin dirinya telah pantas untuk bisa merampas emas.

“Saya menargetkan diri saya sendiri untuk mendapatkan emas. Karena saya sangat ingin menjadi juara SEA Games. Proses latihan yang saya lakukan membuat saya lebih yakin (bahwa) saya layak menjadi juara SEA Games Filipina.” imbuhnya.

Namun begitu, bukan berarti ia lantas menyepelekan rider lainnya. Perintis BMX Indonesia di Olimpiade ini bahkan mengakui bahwa rider tuan rumah pun tak bisa dianggap gampang.

“Beberapa kali kita ketemu, kadang saya di depan, kadang dia yang di depan.” dia bilang.

Di Filipina nanti, Toni akan berjuang bersama rider andalan Indonesia lainnya, seperti Rio Akbar dan I Gusti Bagus Saputra.