News Detail

Timnas BMX Sumbang Perak untuk Indonesia di Sea Games

Cabang olahraga bersepeda kembali menambah koleksi medali kontingen Indonesia di ajang Sea Games Filipina 2019. Toni Syarifudin dari nomor BMX Time Trial meraih medali perak pada race di BMX Track, Tagaytay City Centrum (9/12).

Toni sebenarnya menargetkan dirinya untuk bisa meraih emas di kompetisi ini. Walau begitu, perak tak mengecilkan hatinya.

“Target pribadi saya mendapatkan medali emas, tapi saya tetap bersyukur dengan medali perak yang saya dapatkan.” ungkapnya.

Pada dasarnya, kesiapan Toni dan timnas BMX Indonesia tak lah diragukan lagi. Toni pun menambahkan bahwa rider telah mendapatkan waktu yang cukup di sesi latihan untuk bisa menghafal dan beradaptasi dengan trek. Dengan demikian, sekilas nampak tak ada alasan bagi Toni dan kamerad untuk tidak bisa meraih hasil maksimal. Tapi, beberapa hal kerap kali berjalan di luar kuasa manusia.

“Tadi ada beberapa kesalahan di jalur 3 yang membuat saya kehilangan waktu sepersekian detik.” kata Toni.

Untungnya, Toni masih bisa legowo finis di posisi dua (0:32.560). Selisih 522 milisekon saja dari juara race, rider Thailand, Komet Sukprasert. Posisi tiga juga ditempati rider Thailand, Sitthichok Kaewsrikhao, dengan capaian waktu 0:32.601. Sementara itu rider Indonesia lainnya, I Gusti Bagus Saputra, finis di nomor lima dengan waktu 0:33.027.

Pelatih timnas BMX Indonesia, Ari Kristanto, tak berkata banyak. Yang jelas, ia masih optimis Indonesia bisa menambah medali lagi di nomor BMX Racing yang akan dihelat esok hari (10/12).

Ia berkata, “Hari ini, kelas yang dilombakan adalah ITT. Besok masi ada Race. Masih ada medali lagi yang diperebutkan.”