News Detail

Caroline Buchanan: Perempuan Bisa!

Caroline Buchanan, rider perempuan asal Australia ikut bersaing dalam seri ketiga 76 IBX 2019. Caro sudah belasan kali memenangkan kejuaraan kelas dunia. Atlet yang mewakili negaranya di dua kali Olimpiade ini sedang mengejar poin untuk bisa tampil di Tokyo 2020.

Capaian Caro tentu bukanlah hasil usaha instan. Melainkan buah dari kerja keras dan tekadnya selama bertahun-tahun.

“Saat saya memulai balap BMX, saya hanya bermain di klub. Sejak usia lima hingga sebelas tahun, saya mulai mengobarkan semangat itu.” ucapnya.

Di masa-masa itu, ada satu hal yang begitu memotivasinya hingga membentuk dirinya sekarang. Spirit itu yang kini ia coba tularkan kepada rider perempuan di generasi-generasi setelahnya.

“Saya punya buku berjudul Girls Can B. Isinya tentang bagaimana perempuan bisa berani (Girls Can B... Brave!), kuat (Girls Can B... Strong!), bebas untuk menjadi berbeda (Girls Can B... Different!).

Jadi, saya pikir, hal terbesar bagi perempuan di male dominated sport adalah untuk terus maju menghadapi dan percaya diri. Jadilah unik dan jadi dirimu sendiri, berani, kuat, dan have fun!” ujar Caro sambil tersenyum.

Lewat program beasiswa dan mentoring Buchanan NextGen, Caro berjuang untuk membibit atlet BMX perempuan muda di masa depan. 

Lewat buku-buku karangannya, Girls Can B..., Caro sama-sama berjuang bagi anak-anak perempuan generasi setelahnya. Namun ia bicara di konteks perempuan secara umum. Yaitu, perempuan bisa menjadi apapun yang mereka inginkan.